Sabtu, 17 Desember 2016

Alat Pelindung Diri (APD) di Laboratorium

nih guys mimin posting Alat yang Wajib digunakan untuk melindungi diri kita pada saat berada di laboratorium.. come on.. baca ampe abiis yaa 😁😁

           Alat Pelindung Diri (APD) atau Personal Protective Equipment (PPE) merupakan peralatan pelindung yang digunakan oleh seorang pekerja untuk melindungi dirinya dari kecelakaan atau kontaminasi lingkungan. Setiap peralatan yang dikenakan harus mampu melindungi pemakainya. APD dapat berkisar dari bentuk yang sederhana hingga yang relatif lengkap.
A.    Perlindungan Mata dan Wajah
Perlindungan mata dan wajah merupakan persyaratan yang mutlak harus dikenakan saat bekerja dengan bahan kimia. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi mata dan wajah dari kecelakaan sebagai akibat dari tumpahan bahan kimia, uap kimia dan radiasi
Secara umum perlindungan mata terdiri atas :
a.       Kaca mata pelindung dan Google
            Untuk melindungi mata terhadap percikan asam, basa atau pecahan kaca/gelas. Perlindungan dengan goggles lebih aman daripada kacamata karena goggles lebih kuat terikat dan lebih banyak bagian muka yang terlindung.
b.      Pelindung wajah (Face Shield)
            Untuk melindungi muka secara sempurna termasuk mata. Alat tersebut tahan terhadap benturan mekanik atau bahan kimia. Amat baik dipakai pada waktu menangani asam, basa dan terutama bahan-bahan atau percobaan yang eksplosif.
Pemilihan APD mata harus disesuaikan dengan wajah dan tingkat keamanan yang cukup untuk jenis bahan kimia
     Hasil gambar untuk face shield                                 Hasil gambar untuk safety goggles
B.     Perlindungan Badan/Tubuh
Baju yang dipakai selama bekerja di laboratorium atau yang biasa disebut jas laboratorium (jas lab). Jas lab yang sering digunakan biasanya terbuat dari katun dan bahan sintetik. Bahan yang digunakan harus mampu melindungi pekerja laboratorium dari percikan bahan kimia, panas, dingin, uap lembab dan radiasi.
Gambar terkait

Cara menggunakan jas lab : kancing jas harus selalu dalam kondisi terpasang, ukuran jas lab sesuai dengan ukuran badan pemakainya. Bila terkena tumpahan bahan kimia, segera  lepas jas secepat mungkin sebelum tumpahan bahan kimia mengenai kulit.
Perlindungan badan lain yang bisa digunakan adalah Apron dan Jumpsuits. Apron digunakan untuk melindungi badan dari kontaminasi cairan yang bersifat korosif dan iritan. Perlengkapan seperti celemek biasanya terbuat dari karet atau plastik.  Apron yang terbuat dari plastik tidak boleh  digunakan di area larutan yang mudah terbakar dan bahan kimia yang dapat terbakar yang dapat dipicu oleh listrik statik. Jumpsuits (baju parasut) biasanya digunakan untuk keadaan dengan resiko tinggi seperti saat menangani bahan kimia karsinogenik dalam jumlah banyak. Jumpsuits terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

C.     Perlindungan Tangan
Kontak pada kulit tangan merupakan permasalahan yang sangat penting bila pekerja laboratorium terpapar bahan kimia yang korosif dan toksik. Sarung tangan (gloves) merupakan salah satu solusi untuk melindungi tangan selama bekerja di laboratorium. Sarung tangan akan memberi perlindungan dari bahan kimia berbahaya, pecahan peralatan gelas, pemukaan kasar atau tajam dan material panas atau dingin.
Hasil gambar untuk sarung tangan laboratorium

Kriteria pemilihan bahan sarung didasarkan pada bahan kimia yang ditangani, ketebalan dan rata-rata daya tembus atau terobos bahan kimia ke kulit tangan. Sarung tangan harus diganti secara periodik berdasarkan frekuensi pemakaian dan permeabilitas bahan kimia yang ditangani. Jenis sarung tangan yang sering dipakai di laboratorium, diantaranya, terbuat dari bahan karet, kulit dan pengisolasi (asbestos) untuk temperatur tinggi. Jenis karet yang sering digunakan adalah karet alam atau karet butil, neoprene, nitril dan PVC.

D.    Perlindungan Pernafasan

Kontaminasi bahan kimia (partikel, debu, uap atau gas) sering kali masuk melalui pernafasan. Perlindungan pernafasan atau masker dipilih berdasarkan jenis kontaminasi, konsentrasi dan batas paparan. Beberapa perlindungan pernafasan dilengkapi dengan filter yang berfungsi untuk menyaring udara masuk. Filter masker mempunyai batas waktu pemakaian sehingga harus sering diganti.

Respirator


Hasil gambar untuk alat pelindung diri pernafasanHasil gambar untuk respiratorHasil gambar untuk respirator



Macam-Macam Respirator :
1.      Respirator pemurni udara
            Jenis ini memakai filter atau kanister yang dapat menyerap kontaminan dalam udara. Jenis filter berbeda-beda bergantung jenis gasnya dan diberi warna yang berbeda sesuai dengan kemampuan penyerapan gas.
}  Gas asam                                             : putih
}  Gas asam sianida                                 : putih dengan strip hijau
}  Gas klor                                               : putih dengan strip kuning
}  Uap organik                                        : hitam
}  Gas amonia                                         : hijau
}  Gas karbon monoksida                       : biru
}  Gas asam dan uap organik                  : kuning
}  Gas asam, uap organik dan amonia     : cokelat
2.      Respirator pemasok udara/oksigen
            Jenis ini dipakai untuk bekerja dalam ruang yang berkadar oksigen rendah seperti ruang tertutup atau berpolusi berat, seperti adanya gas N2, CO2, NH3, CO, HCN) pada konsentrasi tinggi.

E.     Pelindung kaki (safety shoes)

Hasil gambar untuk boots safety

Ketika bekerja di dalam laboratorium, diharapkan menggunakan pelindung kaki. Hal ini dimaksud untuk melindungi kaki dari basah, electrostatic build-up, terpeleset, terpotong dan tertusuk, benda berjatuhan, percikan zat kimia dan besi, abrasi. Secara umum alat perlindungan pada kaki terdiri dari   :
• Sepatu dan bot safety dengan pelindung jari kaki dan telapak sepatu yang anti tusuk
• Celana panjang

F.      Perawatan APD
1.      Setelah selesai menggunakan diletakkan pada tempatnya
2.      Dibersihkan secara berkala
3.      Periksa APD sebelum dan sesudah dipakai untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak layak pakai
4.      Pastikan APD yang dipakai aman untuk keselamatan, jika tidak sesuai maka perlu diganti dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar